Rabu, 14 Agustus 2013

The just shall live by faith, Roma 1:16-17

16      For I am not ashamed of the gospel of Christ, for it is the power of God to salvation for everyone who believes, for the Jew first and also for the Greek.
17      For in it the righteousness of God is revealed from faith to faith; as it is written, "The just shall live by faith."

16   Οὐ  γὰρ  ἐπαισχύνομαι  τὸ  εὐαγγέλιον,  δύναμις  γὰρ  θεοῦ  ἐστιν  εἰς σωτηρίαν  παντὶ  τῷ  πιστεύοντι,  Ἰουδαίῳ  τε  πρῶτον  καὶ  Ἕλληνι.  
17   δικαιοσύνη γὰρ  θεοῦ  ἐν  αὐτῷ  ἀποκαλύπτεται  ἐκ  πίστεως  εἰς  πίστιν,  καθὼς  γέγραπται·   δὲ  δίκαιος  ἐκ  πίστεως  ζήσεται. 

Didalam ayat ini berisi banyak intisari Injil Paulus sehingga kita harus memiliki waktu untuk memahaminya.
Paulus sangat bangga dan terhormat dengan pemberitaan Injil yang dilakukannya, padahal yang kita ketahui dia sangat menderita dari Pemberitaan Injil yang dilakukannya,:
·         Paulus di Penjara di Filipi.
·         Dikejar-kejar di Tesalonika.
·         Diselundupkan keluar dari Bere.
·         Di cemooh di Athena.
·         Di korintus pemberitaannya dianggap kebodohan bagi orang Yunani.
·         Di Korintus pemberitaannya dianggap batu sandungan oleh orang-orang Yahudi.
·         Dll

Dalam dua ayat diatas kita menjumpai 3 (tiga) semboyan :
I.       KONSEP KESELAMATAN (SOTERIA)
Marilah kita melihat Soteria atau keselamatan Kristiani.
a.    Keselamatan dari penyakit Jasmani. Matius 9:21; Lukas 8:36
Keselamatan itu justru ditujukan pada isaha penyembuhan tubuh dan jiwa manusia.
b.    Keselamatan dari bahaya. Matius 8:25; Matius 14:30
Keselamatan ini bukan berarti bebas dari bahaya dan kesusahan, tapi jaminan keselamatan jiwa ditengah-tengah kesulitan apapun juga.
c.    Keselamatan dari Pencemaran Hidup. Kisah 2:40.
Memiliki keselamatan ini akan mempunyai kekuatan ilahi untuk melindungi dari Pencemaran Dunia.
d.    Keselamatan dari keadaan hilang. Matius 18:11; Lukas 19:10.
Yang harusnya terhilang tapi oleh Kristus dikembalikan kejalan yang benar.
e.    Keselamatan dari dosa. Matius 1:21.
Kita adalah budak dosa, dan keselamatan inilah yang membebaskan dari perbudakan dosa.
f.    Keselamatan dari murka Allah. Roma 5:9.
g.    Keselamatan yang sempurna. Roma 13:11; 1 Korintus 5:5; 2 Timotius 4:18; 1 Petrus 15.
Keselamatan  yang didapat karena Yesus telah menggenapi pada kemenangan keselamatan pada akhir zaman.

II.         Konsep mengenai IMAN.
Menurut Paulus kata ini sangat memilikirti yang sangt dalam.
a.    Dalam pengertian yang sederhana artinya “Kesetiaan”. 2 Tesalonika 1:4.
Iman adalah keTaatan yang teguh yang menandai murid Yesus Kristus yang sesungguhnya.
b.    Iman berarti Percaya. 1 Korintus 15:17.
c.    Iman adalah Kepercayaan Kristen. 2 Korintus 13:5.
d.    Iman adalah Pengharapan yang teguh. 2 Korintus 5:7.
e.    Oman adalah sikap menerima secara mutlak dan percaya tanpa syarat.

III.      Konsep mengenai PEMBENARAN.
Kata Yunani DIKAIOUN = MEMBENARKAN atau DIKAIOO = SAYA MEMBENARKAN.
Kata pembenaran disini berbeda dengan yagn biasa dipakai.:
v  Membenarkan diri sendiri = membuktikan bahwa kita benar.
v  Orang membenarkan kita = orang memberi alasan bahwa kita memang benar.
Tapi kata Yunani yang berakhiran “oo” tidak berarti, MEMBUKTIKAN, MEMBUAT, MENJADI tapi artinya  selalu “memperhitungkan”, “menganggap sudah begitu”
Apabila Allah membenarkan seorang berdosa, itu tidak karena Allah melihat kebenarannya tetapi “ALLAH MEMPERLAKUKAN ORANG YANG BERDOSA SEOLAH-OLAH ORANG ITU TIDAK PERNAH BERBUAT DOSA SAMA SEKALI” itulah PEMBENARAN.

Orang yang ada dalam hubungan yang benar dengan Allah, bukan karena perbuaan tangannya, tetapi karena imannya yang mutlak atas apa yang telah Allah perbuat.

Bekasi, 14 Agustus 2013.

Karyadim642.blogspot.com

Matius 1:16-17
16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

What his gospel is.
16 ou  gar  epaischunomai  to  euangelion,  dunamis  gar  theou  estin  eis  sōtērian panti    pisteuonti,  ioudaiō  te  prōton  kai  ellēni.  

17 dikaiosunē  gar  theou  en  autō apokaluptetai  ek  pisteōs  eis  pistin,  kathōs  gegraptai·  o  de  dikaios  ek  pisteōs zēsetai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar