karyadim642.blogspot.com |
Kejadian 10:21-31
21 Lahirlah juga anak-anak bagi Sem, bapa semua
anak Eber serta abang Yafet.
22 Keturunan Sem ialah Elam, Asyur, Arpakhsad,
Lud dan Aram.
23 Keturunan Aram ialah Us, Hul, Geter dan Mas.
24 Arpakhsad memperanakkan Selah, dan Selah memperanakkan
Eber.
25 Bagi Eber lahir dua anak laki-laki; nama yang seorang
ialah Peleg, sebab dalam zamannya bumi terbagi, dan nama adiknya ialah Yoktan.
26 Yoktan memperanakkan Almodad, Selef,
Hazar-Mawet dan Yerah,
27 Hadoram, Uzal dan Dikla,
28 Obal, Abimael dan Syeba,
29 Ofir, Hawila dan Yobab; itulah semuanya
keturunan Yoktan.
30 Daerah kediaman mereka terbentang dari Mesa ke
arah Sefar, yaitu pegunungan di sebelah timur.
31 Itulah keturunan Sem, menurut kaum mereka,
menurut bahasa mereka, menurut tanah mereka, menurut bangsa mereka.
10:21 “ Sem”
Ini adalah kata Ibrani “nama”.
Arti
pentingnya terlihat karena ia disebutkan baik di sini dan di 11:10-26. Bangsa
pemberontak dari pasal 10-11 ingin membangun sebuah “nama” bagi mereka sendiri.
Namanya terkait dengan 4:26 (yaitu nama YHWH dipermuliakan). Ia akan mewakili
garis berkat yang terpilih (lih. 12:2).
Ø “Eber” Etimologi dari nama
ini sangat mirip dengan kata “Ibrani”, yang menunjuk pada kelompok yang lebih
luas dari pada hanya orang Yahudi. Ada banyak spekulasi mengenai hubungan
antara Eber dan frasa yang ditemukan pada banyak dokumen dan tugu-tugu
peringatan di Mesir yang disebut “Habirv” (lih.
Kejadian 14:13). Suatu kemungkinan etimologi dari
nama Eber adalah “melalui dan melampaui,” yang sepertinya mengisyaratkan suatu
kelompok pengembara.
Ø “abang Yafet” Rashi
menegaskan bahwa bahasa Ibrani bersifat rancu akan siapa saudara yang lebih tua
ini.
10:22 “Elam” Ini adalah sebuah kerajaan utama di sebelah timur
Sungai Tigris yang ibukotanya adalah Susan.
Ini
kemungkinan adalah kelompok bangsa yang paling timur yang disebutkan di pasal
ini.
Ø
“Asyur” Ini bisa menunjuk pada
(1) seseorang;
(2) suatu kota; atau
(3) suatu bangsa (yaitu Asyur).
Ø
“Arpakhsad” Ini (BDB 75) sepertinya adalah klompok bangsa di
utara Niniwe (ibukoa Asyur yang lain). Terjemahan NIV mempunyai Arfaksad.
Ø
“Lud” Ini kemungkinan menunjuk pada kaum Lidia banga di Asia
Kecil. Heriditus menegaskan bahwa mereka mengakui asalnya dari Niniwe, suatu
kota Semit.
Ø
“Aram” Ini menunjuk pada wilayah Syria moderen.
10:25 “Peleg” Ini adalah garis keturunan khusus dari mana
Abraham berasal dan silsilahnya didiskusikan sepenuhnya dalam 11:18-27.
Mungkin artinya adalah
“terbagi”.
“sebab
dalam zamannya bumi terbagi” Kata Ibrani ini secara hurufiah berarti
“kanal-kanal irigasi” yang akan cocok dengan Mesopotamia selatan, namun
etimologi populernya adalah “pembagian”. Ada permainan bunyi antara Peleg dan
terbagi (niplega). Ini mungkin menunjuk pada pembagian bahasa yang disebutkan
di pasal 11. Oleh karena itu, dispersi pasal 10 ada di luar urutan kronologis ketika
dibandingkan dengan pasal 11.
10:26-29 Ini
adalah penggambaran dari suku-suku bangsa Arab.
10:28 “Syeba. . .Hawila” Ini, sejalan dengan Asyur dalam ay 22,
sepertinya dicakup baik dalam daftar kaum Hamit dan daftar kaum Semit.
Ini bisa karena
(1) perpindahan penduduk secara geografis;
(2) kemenangankemenangan dari peperangan; atau
(3) penggabungan dua keluarga karena perkawinan. Daftar ini dalam
banyak hal tidak bersifat spesifik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar