Rabu, 30 April 2014

MUSIK DI DALAM KITAB MAZMUR

karyadim642.blogspot.com

A. Istilah musik dalam alamat-alamat surat digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis mazmur
1. MIZMOR berarti "memetik." Ini adalah mazmur yang dimaksudkan untuk dinyanyikan dan diiringi dengan alat musik. Ada 57 dari jenis ini.
2. SHIR menunjuk pada lagu-lagu dari semua jenis. Ada 30 dari jenis ini.
3. MASKHIL atau MASKIL yang menunjukkan lagu dari keterampilan atau pengajaran mazmur yang khusus. Ada 30 dari jenis ini.
4. MITKHTAM atau MIKTAM - arti dari istilah ini tidak pasti. Dari kemungkinan
a. akar kata Ibrani ini bisa berarti "keemasan" atau "berharga"
b. dari akar Akkadian ini bisa berarti "tersembunyi" atau "tidak diterbitkan"
c. dari akar kata bahasa Arab ini bisa berarti "penebusan" atau "pengampunan"
Ada 6 dari jenis ini.
5. PALAL berarti doa. Ini digunakan untuk menggambarkan mazmur Daud dalam buku I & II (lih. Mazmur 72:20). Ini juga ditemukan dalam alamat-alamat surat dari Mazmur 17; 86, 90, 102, 142, dan mungkin 122.

B. Istilah musik yang menggambarkan permainan atau pendendangan dari mazmur tersebut
1. SELAH digunakan 71 kali dalam 39 mazmur dan Hab 3:3, 9, 13. Maknanya tidak pasti. Ada beberapa teori:
a. dari LXX "selingan" untuk meditasi atau efek dramatis
b. dari akar bahasa Ibrani "mengangkat," Oleh karena itu, peninggian atau forte
c. para rabi mengatakan itu merupakan penegasan seperti "amin," yang berarti "selamanya"
2. SHIGGAION atau SHIGIONOTH digunakan dalam Mazmur 7 dan Habakuk 3. Ini adalah ratapan atau nyanyian penguburan yang mengekspresikan kesedihan. Ini memiliki bentuk puisi yang sangat emosional.
3. NEGINOTH digunakan 6 kali dalam Mazmur dan Hab 3:19. Ini berarti "pada instrumen berdawai."
4. SHEMINITH digunakan dua kali. Ini bisa berarti "pada oktaf" atau "pada delapan." Ini adalah kebalikan dari ALAMOTH, oleh karena itu, kemungkinan untuk suara laki-laki (lih. 1 Taw 15:21).
5. ALAMOTH digunakan 4 kali. Hal ini menunjuk pada suara sopran perempuan (lih. 1 Taw 15:20).
6. MECHILOTH digunakan sekali. Ini berarti "pada instrumen tiup."
7. GITTITH digunakan 3 kali. Ini berarti "dengan harpa/kecapi."

8. Ada beberapa referensi terhadap nada yang desebutkan secara khusus, Mazmur 9; 22; 45, 53, 56, 57-59, 60, 62, 69, 75, 77, 80, dan 88

BERMEGAH


Istilah Yunani “kauchaomai”, “kauchēma”, dan “kauchēsis” ini digunakan kira-kira sebanyak tiga puluh lima kali oleh Paulus dan hanya dua kali di luar surat Paulus di Perjanjian Baru (keduanya di surat Yakobus).

Penggunaannya yang terutama adalah di 1 dan 2 Korintus.
Ada dua kebenaran pokok yang berhubungan dengan bermegah:
Ø  Tak ada daging yang akan berbangga/bermegah dihadapan Allah (1 Korintus 1:29; Efesus 2:9)
Ø  Orang percaya harus bermegah di dalam Tuhan (lih. 1 Korintus 1:31; 2 Korintus 10:17, yang merupakan bayangan dari Yeremia 9:23-24)

Oleh karenanya, ada berbangga/bermegah yang pantas dan yang tidak (yaitu: kesombongan)
1. Yang Pantas.
a. dalam pengharapan kemuliaan (Roma 4:2)
b. dalam Allah melalui TuhanYesus (Roma 5:11)
c. dalam salib Tuhan Yesus Kristus (yaitu tema utama Paulus),  1 Korintus 1:17-18; Galatia 6:14)
d. Paulus bermegah dalam
(1) pelayanannya yang tanpa imbalan ( 1 Korintus 9:15,16; 2 Korintus 10:12)
(2) otoritas yang dari Kristus ( 2 Korintus 10:8,12)
(3) Tidak bermegahnya ia atas pekerjaan orang lain (sebagaimana dilakukan oleh beberapa orang di Korintus,  2 Korintus 10:15)
(4) keturunan rasialnya (sebagaimana dilakukan oleh orang-orang lain di Korintus,  2 Korintus 11:17; 12:1,5,6)
(5) Gereja-gerejanya
(a) Korintus (2 Korintus 7:4,14; 8:24; 9:2; 11:10)
(b) Tesalonika (2 Tesalonika 1:4)
(6) Keyakinannya dalam pembebasan dan penghiburan Allah (2 Korintus 1:12)

2. Yang Tidak Pantas
a. dalam hubungan dengan warisan Yahudi ( Roma 2:17, 23; 3:27; Galatia 6:13)
b. beberapa orang di Korintus bermegah:
(1) dalam manusia ( 1 Korintus 3:21)
(2) dalam hikmat ( 1 Korintus 4:7)
(3) Dalam kebebasan ( 1 Korintus 5:6)

c. Guru-guru palsu mencoba bermegah dalam gereja di Korintus ( 2 Korintus 11:12)