Rabu, 10 Juli 2013

Matius 3:7-12, We Have Abraham as our Father (2)


Matthew 3:7-12
7   But when he saw many of the Pharisees and Sadducees coming to his baptism, he said to them, "Brood of vipers! Who warned you to flee from the wrath to come?
8   Therefore bear fruits worthy of repentance,
9   and do not think to say to yourselves, 'We have Abraham as our father.' For I say to you that God is able to raise up children to Abraham from these stones.
10  And even now the ax is laid to the root of the trees. Therefore every tree which does not bear good fruit is cut down and thrown into the fire.
11  I indeed baptize you with water unto repentance, but He who is coming after me is mightier than I, whose sandals I am not worthy to carry. He will baptize you with the Holy Spirit and fire.
12  His winnowing fan is in His hand, and He will thoroughly clean out His threshing floor, and gather His wheat into the barn; but He will burn up the chaff with unquenchable fire."

I.    BERITA ANCAMAN DAN JANJI
Yesus akan Membaptis dengan Roh dan Api.

Ada 3 pemahaman tentang Baptisan api :

a.    Mengenai PENERANGAN.
-      Didalam kegelapan
-      Membimbing kapal ditengah Laut.
Yesus adalah terang itu untuk :
-      Membimbing orang dalam kebenaran.
-      Membimbing orang kepada Tuhan.

b.    Mengenai KEHANGATAN.
Yesus datang membawa kehangatan kepada manusia.

c.    Mengenai PEMBERSIHAN/PENYUCIAN (Pemurnian)
Ini juga mengandung dihancurkan, contoh emas yang dimurnikan.
(Pengalaman hidup yang dimurnikan)

d.    Mengenai PEMISAHAN.
Contoh : Gandum di tempat pengirikan.
Gandum dilempar keatas : Yang berat jatuh kebawah yang ringan terlempar jauh.
Yesus membawa pemisahan, Menerima atau menolak.

II. Tuntutan (bertobatlah = TESHUBA, kata benda)
Kata kerja “Shub” berarti “Kembali”
Pertobatan adalah kembalinya seseorang dari kejahatannya kepada Tuhan, kejahatannya itu sama sekali ditinggalkan, lalu kembali kepada  Tuhan.

Dalam pemahaman orang Yahudi tentang pertobatan ada 2 hal :
a.    Tuntutan ETIS yang hampir selalu menakutkan.
b.    Ada janji-janjinya yang menggembirakan.

Ø  Pertobatan selalu bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.
Ø  Pertobatan adalah sesuatu yang sangat esensial.
Ø  Pertobatan itu berlangsung sepanjang hidup.
Ø  Pertobatan itu membuat Tuhan datang  mendekat kepada orang yang bertobat.
Ø  Pertobatan itu harus terlihat dengan perbuatan tingkah laku daam kehidupan.
Ø  Pertobatan harus juga diperlukan dengan PENGAKUAN.
Bilangan 5:6-7. Amsal 28:13; Mazmur 32:5; Yeremia 2:35
Ø  Pertobatan Israel yang menyeluruh satu hari saja akan membuat MESIAS datang.

Pertobatan merupakan hal yang sangat pokok didalam kepercayaan Yahudi.
Demikian juga di dalam iman Kristen. Karena PERTOBATAN adalah titik balik untuk menjauhi DOSA dan mendekati TUHAN.

Matius 3:7-12
3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?
3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.
3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."


7   ἰδὼν  δὲ  πολλοὺς  τῶν  Φαρισαίων  καὶ  Σαδδουκαίων  ἐρχομένους  ἐπὶ  τὸ βάπτισμα  εἶπεν  αὐτοῖς·  γεννήματα  ἐχιδνῶν,  τὶς  ὑπέδειξεν  ὑμῖν  φυγεῖν  ἀπὸ  τῆς μελλούσης  ὀργῆς; 
idōn  de  pollous  tōn  pharisaiōn  kai  saddoukaiōn  erchomenous  epi  to  baptisma eipen  autois·  gennēmata  echidnōn,  tis  upedeixen  umin  phugein  apo  tēs  mellousēs orgēs;

8   ποιήσατε  οὖν  καρπὸν  ἄξιον  τῆς  μετανοίας

poiēsate  oun  karpon  axion  tēs  metanoias  

Bekasi, 10 Juli 2013.


Karyadim642.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar