KARYADIM642.BLOGSPOT.COM |
I. Istilah-istilah Alkitab
A. Perjanjian Lama
1. Yayin
- Ini adalah istilah umum bagi anggur, yang digunakan 141 kali.
Etimologinya tidaklah
jelas karena kata ini tidak berasal dari akar kata Ibrani. Kata ini selalu berarti
sari buah, biasanya anggur yang telah difermentasikan. Beberapa ayat yang umum
adalah Kejadian 9:21; Keluaran 29:40; Bilangan 15:5,10.
2. Tirosh
- Ini adalah “anggur baru”.
Karena kondisi
iklim di Timur Dekat, fermentasi akan mulai segera setelah sari buah berumur
enam jam. Istilah ini menunjuk pada anggur yang masih dalam proses fermentasi.
Untuk beberapa ayat mengenai hal ini, lihat Ulangan 12:17; 18:4; Yesaya 62:8-9;
Hosea 4:11.
3. Asis -
Ini jelas-jelas merupakan minuman beralkohol (“anggur manis”, mis., Yesaya 49:26).
4. Sekar
- Inilah istilah bagi “minuman keras”.
Akar kata Ibraninya
digunakan dalam kata “mabuk” atau “pemabuk”. Ada sesuatu yang ditambahkan sehingga
menjadikannya lebih memabukkan. Kata ini berparalel dengan yayin (lih. Amsal
20:1; 31:6; Yesaya 28:7).
B. New Testament
1. Oinos - padan
kata bahasa Yunani bagi yayin
2. Neos oinos (new wine) - padan kata bahasa Yunani dari tirosh
(lih. Markus 2:22)
3. Gleuchos vinos (sweet wine, asis) – anggur di tahapan awal
fermentasi (lih. Kisah 2:13).
II. Penggunaan dalam Alkitab
A. Perjanjian Lama.
1. Anggur adalah pemberian Allah (Kejadian 27:28; Mazmur
104:14-15; Pengkhotbah 9:7; Hosea 2:8-9; Yoel 2:19,24; Amos 9:13; Zakharia
10:7).
2. Anggur adalah bagian dari persembahan korban (Keluaran 29:40;
Imamat 23:13; Bilangan 15:7,10; 28:14; Ulangan 14:26; Hakim 9:13).
3. Anggur digunakan sebagai obat (2 Samuel 16:2;
Amsal 31:6-7).
4. Anggur dapat menjadi masalah yang nyata (Nuh- Kejadian 9:21;
Lot- Kejadian 19:33,35; Simson- Hakim-hakim
16:19; Nabal- 1 Samuel 25:36; Uria- 2 Samuel 11:13; Amon- 2 Samuel 13:28; Elah-
1 Raja 16:9; Benhadad- 1 Raja 20:12; Para penguasa- Amos 6:6; dan Para wanita-
Amos 4).
5. Anggur dapat disalah gunakan (Amsal 20:1; 23:29-35; 31:4-5;
Yesaya 5:11,22; 19:14; 28:7-8; Hosea 4:11).
6. Anggur terlarang bagi kelompok tertentu (Imam-imam yang
bertugas, Imamat 10:9; Yehezkiel 44:21; Orang bernazar, Bilangan 6; dan
Penguasa, Amsal 31:4-5; Yesaya 56:11-12; Hosea 7:5).
7. Anggur digunakan dalam suatu latar belakang eskatologis (Amos
9:13; Yoel 3:18; Zakharia 9:17).
B. Antar Kitab
1. Anggur yang
secukupnya sangat membantu (Ecclesiasticus 31:27-30).
2. Para rabi berkata, “Anggur adalah yang terbaik di antara
segala obat, dimana ada kelangkaan anggur, maka baru obat diperlukan”.
C. Perjanjian Baru
1. Yesus mengubah sejumlah besar air menjadi anggur (Yohanes
2:1-11).
2. Yesus minum anggur (Matius 11:18-19; Lukas 7:33-34; 22:17).
3. Petus dituduh mabuk oleh anggur baru pada hari Pentakosta (Kisah
2:13).
4. Anggur dapat
digunakan sebagai obat (Markus 15:23; Lukas 10:34; 1 Timotius 5:23).
5. Para pemimpin tak
boleh menyalah gunakannya. Ini tidak berarti tidak boleh meminumnya. (1 Timotius
3:3,8; Titus 1:7; 2:3; 1 Petrus 4:3).
6. Anggur yang
digunakan dalam latar belakang eskatologis (Matius 22:1; Wahyu 19:9).
7. Kemabukan
disesalkan (Matius 24:49; Lukas 11:45; 21:34; 1 Korintus 5:11-13; 6:10; Galatia
5:21; 1 Petrus 4:3; Roma 13:13-14).
III. Wawasan Teologis
A. Ketegangan Dialektis
1. Anggur adalah pemberian Allah
2. Kemabukan adalah masalah yang utama.
3. Orang percaya dalam beberapa kebudayaan harus membatasi
kebebasan mereka demi Injil (Matius 15:1-20; Markus 7:1- 23; 1 Korintus 8-10;
Roma 14:1-15:13).
B. Kecenderungan untuk melampaui
batas-batas yang telah ditetapkan
1. Allah adalah sumber dari segala yang baik (penciptaan adalah
“sangat baik,” Kejadian 1:31).
2. Umat manusia yang jatuh telah menyalah-gunakan semua
pemberian Allah dengan membawanya melampaui batas yang telah ditetapkan Allah.
C.
Penyalah-gunaan itu adalah di dalam kita , bukan dalam bendanya. Tak ada yang
jahat dalam ciptaan jasmani (lih. Markus 7:18-23; Roma 14:14,20; 1 Korintus
10:25-26; 1 Timotius 4:4; Titus 1:15).
IV. Kebudayaan Yahudi Abad Pertama dan Fermentasi
A. Fermentasi mulai sangat cepat, kira-kira 6 jam setelah anggur
diperas khususnya dalam iklim panas dan dengan kondisi tidak sehat.
B. Tradisi Yahudi mengatakan bahwa ketika sedikit busa nampak di
permukaan (tanda fermentasi), ini terhitung sebagi persepuluhan-anggur (Ma
aseroth 1:7). Ini disebut “anggur baru” atau “anggur manis”.
C. Fermentasi utama yang paling keras dan membahayakan diselesaikan
dalam satu minggu.
D. Fermentasi sekundernya memakan waktu 40 hari. Pada tahapan ini
anggur ini dianggap “anggur tua” dan bisa dipersembahkan di mezbah. (Edhuyyoth
6:1).
E. Anggur yang telah didiamlan pada tempat teduh (anggur tua)
dianggap baik, namun ini harus disaring baik-baik sebelum digunakan.
F. Anggur dianggap cukup umur biasanya setelah satu tahun
fermentasi. Tiga tahun adalah periode terlama suatu anggur dapat disimpan
dengan baik. Ini disebut “anggur tua” dan harus dicairkan dengan air.
G. Hanya dalam 100 tahun terakhir dengan lingkungan yang steril dan
adanya tambahan bahan kimia proses fermentasi bisa ditunda. Dunia kuno tidak
bisa menghentikan proses fermentasi alamiah ini.
V. Pernyataan-pernyataan
Penutup
A. Yakini bahwa pengalaman, teologia, dan penafsiran alkitab
anda tidak mengurangi nilai dari Yesus dan budaya Yahudi/Kristen abad pertama!
Mereka secara nyata bukanlah pihak yang sepenuhnya berpantang.
B. Saya tidak menasehatkan penggunaan alkohol untuk sosialisasi.
Namun demikian, banyak orang telah menyatakan dengan berlebihan posisi Alkitab
dalam pokok bahasan ini dan sekarang mengaklaim memiliki kerohanian yang lebih
tinggi berdasarkan suatu kerancuan budaya/denominasional.
14:19-20 Kebanyakan terjemahan
bahasa Inggris menandai ini sebagai puisi.
14:19 "Diberkatilah kiranya
Abram" Ini adalah KATA KERJA yang sama yang ditemukan tiga kali dalam Kejadian 12:3.
Arti dasarnya adalah "berlutut" atau "memberkati."
v "Yang Mahatinggi" Abram, Melkisedek, dan Ayub semua
mengenal Allah Pencipta dengan nama-nama yang berbeda.
1. Abram - YHWH
2. Melkisedek - El Elyon
3. Ayub - Elohim, El
Lihat Topik Khusus: Nama untuk Tuhan.
v "Pencipta langit dan bumi" KATA KERJA ini (lih Kejadian
14:22) berarti "memiliki" atau "membuat" (kemungkinan dari
dua akar konsonan yang serupa).
Bahasa teologis ini umum dalam agama-agama Timur Dekat (yaitu,
puisi Ugarit Kanaan); ini adalah cara untuk mengakui dewa tinggi (diterapkan untuk
YHWH dalam Mazmur 115:15, 121:2, 124:8, 134:3; 146:6).
14:20 "sepersepuluh dari
semuanya" Ini adalah penyebutan pertama dari sebuah konsep numerik yang berkembang
menjadi persepuluhan dalam Imamat. Gerakan di pihak Abram ini adalah cara
berterima kasih kepada YHWH untuk kemenangan serta mengakui bahwa Dia adalah
pemenangnya!
Dengan memberikan ini kepada
Melkisedek dia mengakuinya sebagai salah seorang yang benar-benar mengenal dan
melayani Tuhan yang sama yang memanggilnya dari Ur (lih. Kejadian 14:22).
C. Bagi saya, Roma 14:1-15:13 dan 1 Korintus 8-10 telah
menyediakan wawasan dan pedoman berdasarkan kasih dan hormat bagi sesama orang
percaya dan penyebaran injil dalam setiap budaya, bukan kebebasan pribadi
maupun kritik yang menghakimi. Jika Alkitab ialah satu-satunya sumber bagi
iman dan perbuatan, maka mungkin kita harus semuanya memikirkan kembali masalah
ini.
D. Jika kita mendorong penolakan total sebagai kehendak Allah,
apa yang kita bisa isyaratkan mengenai Yesus dan juga budaya-bidaya modern yang
secara teratur menggunakan anggur (misal, Eropa, Israel, Argentina)?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar