Jumat, 23 Januari 2015

WOE TO THE IMPENITENT CITIES, Matius 11:20-24

Capernaum

MATIUS 11:20-24
20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:
21 Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.
24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

Woe to the Impenitent Cities
20 Then He began to rebuke the cities in which most of His mighty works had been done, because they did not repent:
21 "Woe to you, Chorazin! Woe to you, Bethsaida! For if the mighty works which were done in you had been done in Tyre and Sidon, they would have repented long ago in sackcloth and ashes.
22 But I say to you, it will be more tolerable for Tyre and Sidon in the day of judgment than for you.
23 And you, Capernaum, who are exalted to heaven, will be brought down to Hades; for if the mighty works which were done in you had been done in Sodom, it would have remained until this day.
24 But I say to you that it shall be more tolerable for the land of Sodom in the day of judgment than for you."

Tuhan Yesus mengecam kota-kota, Khorazim, Betsaida dan Kapernaum. Karena kota-kota ini memiliki dosa yang lebih buruk daripada dosa Tirus, Sidon dan dosa Sodom dan Gomorah yang kita ketahui bahwa kota-kota ini dikecam oleh Tuhan berkali-kali, contoh untuk :
a.    Tirus dan Sidon : Yesaya 23; Yeremia 25:22; Yeremia 47:4; Yehezkiel 26:3-7; Yehezkiel 28:12-22; Amos 1:29-30; Yoel 3:4-8
b.    Sodom dan Gomorah. Kejadian 13:13; Kejadian 18:20, 2 Petrus 2:6-8.
Ada pertanyaan sesuai tulisan dari ayat 21. Mengapa Tuhan tidak memberikan mujijat kepada kota Khorazim, Betsaida dan juga Sodom dan Gomorah, padahal Ia tahu bahwa kalau mereka melihat mujijat, mereka akan bertobat?’. Jawaban terhadap pertanyaan itu:
Tuhan tidak wajib memberikan mujijat itu.

Mereka adalah orang berdosa, dan Tuhan tidak perlu / wajib memberi mujijat dahulu sebelum menghukum mereka. Tuhan berhak langsung menghukum. Sekalipun biasanya Tuhan memberikan peringatan-peringatan lebih dahulu (melalui nabi-nabi yang memberitakan Firman Tuhan dan melakukan mujijat), tetapi itu bukan kewajiban Tuhan. Kalau Ia melakukan hal itu, itu hanya karena belas kasihanNya / kemurahanNya. Tetapi kalau Ia langsung menghukum, Ia tetap adil dan tidak bisa dikatakan jahat. Bandingkan dengan Roma 9:15 - “Sebab Ia berfirman kepada Musa: ‘Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati.’”.

Illustrasi:
Kalau saudara biasa memberi tip kepada pelayan restoran, dan suatu hari saudara tidak memberi tip, maka saudara akan dianggap jahat. Tetapi jelas ini merupakan anggapan yang semaunya sendiri. Saudara tidak mempunyai kewajiban untuk memberi tip. Kalau biasanya saudara memberi, maka itu karena kemurahan hati saudara, dan kalau saat itu saudara tidak memberi tip, itu merupakan hak saudara, dan saudara tidak bisa dikatakan sebagai jahat.

Kalau kita tidak langsung dihancurkan oleh Tuhan dan kita masih diberi kesempatan untuk mendengar / belajar Firman Tuhan, itu adalah kemurahan hati Tuhan kepada saudara! Apakah saudara mau menyia-nyiakan kemurahan hati Tuhan itu dengan tak mau belajar Firman Tuhan atau tidak taat kepada Firman Tuhan? Baca Roma 2:4.

Dosa apa saja yang membuat Tuhan mengecam kota Khorazim, Betsaida dan Kapernaum.:
1.     Manusia yang tidak menghargai- melupakan hak istimewa.
Kota-kota di Galilea itu mendapat hak istimewa karena telah melihat dan mendengar Yesus secara langsung yang tidak pernah diberikan kepada kota Tirus dan Sidon, atau Sodom dan Gomorah.

Seseorang tidak dapat disalahkan karena tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengetahui yang benar, tetapi bila seseorang telah mendapat kesempatan untuk mengetahui apa yang benar lalu melakukan kesalahan yg sudah diketahuinya, barulah ia dapat dipersalahkan.

Contoh :
Ø  Kita tidak mungkin menghukum seorang anak kecil dengan hukuman yang sama kepada orang dewasa.
Ø  Kita tidak mungkin menghukum orang yang tidak terdidik atas kelakuannya seperti kepada orang yang terdidik.
Ø  Tidak mungkin orang yang tinggal ditempat kumuh untuk menjalani hidup ditempat lingkungan yang baik dan menyenangkan.

Makin besar hak istemewa yang kita miliki, makin besar pula hukuman yang dihadapinya.

2.    Karena tidak adanya kepeduliaan.
Kota-kota ini tidak menyerang, mengusir, tidak berusaha menyalibkan Yesus. Tapi mereka tidak mempedulikan-Nya.
Sikap tidak peduli sama bahayanya dengan penganiyaan. Sikap tidak peduli juga merupakan dosa.
Sikap itu tidak membakar suatu agama, tidak memenggal kepala tetapi sikap itu dapat membuat agama mati.

Tidak melakukan apapun itu dosa (lihat tentang Talenta). Ada dosa karena tindakan dan perbuatan, tetapi ada dosa karena tidak bertindak dan berbuat apa-apa.

Dosa kota Khorazim, Betzaida, dan Kapernaum adalah dosa karena tidak melakukan apa-apa.

Apakah saudara sudah terima Yesus didalam hidupmu, kalau sudah mari bertindak sesusai dengan Firmannya (baca firman Tuhan/Alkitab dengan rajin) maka Yesus yang sudah mendatangi hidupmu dengarkan dan lakukanlah perintah-perintahnya. Maka kamu akan medapatkan hidup yang kekal.


Bekasi, tanggal 23 Januari 2015

Karyadim642.blogspot.com

Woe to the Unrepentant (Luke 10:13-16)
20 Τότε  ἤρξατο  ὀνειδίζειν  τὰς  πόλεις  ἐν  αἷς  ἐγένοντο  αἱ  πλεῖσται  δυνάμεις  αὐτοῦ,  ὅτι  οὐ  μετενόησαν• 
21 Οὐαί  σοι,  Χοραζίν*•  οὐαί  σοι,  Βηθσαϊδά*•  ὅτι  εἰ  ἐν  Τύρῳ  καὶ  Σιδῶνι  ἐγένοντο  αἱ  δυνάμεις  αἱ  γενόμεναι  ἐν  ὑμῖν,  πάλαι  ἂν  ἐν  σάκκῳ  καὶ  σποδῷ  μετενόησαν. 
22 πλὴν  λέγω  ὑμῖν,  Τύρῳ  καὶ  Σιδῶνι  ἀνεκτότερον  ἔσται  ἐν  ἡμέρᾳ  κρίσεως  ἢ  ὑμῖν. 
23 καὶ  σύ,  Καφαρναούμ,  μὴ  ἕως  οὐρανοῦ  ὑψωθήσῃ;  ἕως  ᾅδου*  καταβήσῃ•  ὅτι  εἰ  ἐν  Σοδόμοις  ἐγενήθησαν  αἱ  δυνάμεις  αἱ  γενόμεναι  ἐν  σοί,  ἔμεινεν  ἂν  μέχρι  τῆς  σήμερον. 
24 πλὴν  λέγω  ὑμῖν  ὅτι  γῇ  Σοδόμων  ἀνεκτότερον  ἔσται  ἐν  ἡμέρᾳ  κρίσεως  ἢ  σοί.

Jesus upbraids Korazin, Bethsaida, and Capernaum;
20 tote  ērxato  oneidizein  tas  poleis  en  ais  egenonto  ai  pleistai  dunameis  autou  oti  ou  metenoēsan· 
21 ouai  soi,  chorazin,  ouai  soi,  bēthsaida·  oti  ei  en  turō  kai  sidōni  egenonto  ai  dunameis  ai  genomenai  en  umin,  palai  an  en  sakkō  kai  spodō  metenoēsan. 
22 plēn  legō  umin  turō  kai  sidōni  anektoteron  estai  en  ēmera  kriseōs  ē  umin. 
23 kai  su,  kapharnaoum,  mē  eōs  ouranou  upsōthēsē;  eōs  adou  katabēsē·  oti  ei  en  sodomois  egenēthēsan  ai  dunameis  ai  genomenai  en  soi,  emeinen  an  mechri  tēs  sēmeron. 

24 plēn  legō  umin  oti  gē  sodomōn  anektoteron  estai  en  ēmera  kriseōs  ē  soi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar