Friday, May 24, 2013

TANDA-TANDA VOKAL - Hebrew

TANDA-TANDA VOKAL




Setelah bahasa Ibrani tidak dipakai lagi sebagai bahasa Pengantar, ternyata dialami kesulitan dalam membaca tulisan yang kurang sempurna, karena sebagian vokal dilambangkan engan huruf mati dan sebagian lagi tidak dilambangkan sama sekali.

Karena itu pada abad ke 8 M. Ahli-ahli Yahudi .menciptakan sistem penulisan vokal dengan memakai tanda-tanda (vowel-sign) yang dibutuhkan pada huruf-huruf dalam tulisan mereka, supaya para pembaca dapat mengucapkannya dengan jeas tanda-tanda yang paling penting adalah sebagai berikut.

Tanda
Bunyi
Contoh tanpa
Huruf hidup
Contoh dengan
Huruf hidup
;ÄÄÄ
a
Har                 r;x

'ÄÄÄ
a
Yad                 d'y
Ma                 h'm
'ÄÄÄ
o
Kol                l'K

ÄÄoÄÄ
o
kol                 loK
Tov               bAj
iÄÄÄ
i
Min                  !Im
Mi                   yIm
UÄÄÄ
u
Mut                 tUm

W
u

Mut           tWm     
<ÄÄÄ
e
Erets            #<d<a
Ze                   x<z
eÄÄÄ
e
Ben                !EB
Bet            tyB    


Semua tanda vokal ini dituliskan di bawah huruf yang diterangkannya, kecuali tanda titik (ii ) menyebutkan tiga vokal, yang dapat dibedakan sesuai dengan letaknya, yaitu di atas huruf (=o), dibawah huruf (=i), atau di dalam huruf w (=u). Perhatikan tempat tanda vokal dengan huruf Y Yaitu d"Y.

Tanda vokal diucapkan sesudah huruf mati, misalnya "h disebut ha bukan ah. Ada satu kekecualian, yakni (: ), yang menyebutkan bunyi a dan dapat juga dibubuhkan pada huruf tenggorokan akhir dan diucapkan sebelum huruf tersebut, misalnya ;xWr diucapkan ruakh, bukan rukha. Pengucapan yang paling asli ialah tanpa tambahan a (xWr = rukh).


Tanda salib (" ) dapat menyebutkan bunyi a atau o, tetapi yang paling sering ialah menyebutkan bunyi a.

Bekasi, tanggal 24 Mei 2013

No comments:

Post a Comment

Popular Posts